Info Madrasah
Minggu, 07 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

Menumbuhkan Minat Baca Melalui Gerakan Literasi Madrasah

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Setiap hari Rabu, Madrasah Aliyah Negeri 4 Pandeglang selalu mengadakan kegiatan literasi yang di sebut, gerakan literasi madrasah (GLM).

Petugas literasi setiap minggunya selalu berganti dari satu kelas ke kelas lain, pada Rabu 31 Agustus 2022 petugas yang menjadi tamu untuk membahas buku dan sumber iterasi lainnya adalah dari kelas XII IPS 2, dala kesempatan itu ada 2 pemateri yaitu Purnawati dan Surti Athari,  notulis Siti Julaeha, moderator Ahmad Muhtadi, dan di akhir acara ada  hiburan musik yang di bawakan oleh Mega Wulansari dan Siti Nuraeni.

Pagi itu cuaca tidak hujan juga tidak panas sangat mendukung untuk kesuksesan sebuah kegiatan, buku yang diomongin para pemateri kali ini bertema kolosal, mengangkat salah satu cerita rakyat Jawa yaitu buku/novel “Arok Dedes” karya Pramoedya Ananta Toer.

Menurut pemateri buku Arok Dedes ini berjumlah 561 halaman, dengan penerbit Lentera Dipantara, dan inilah sinopsis buku Arok Dedes yang di sampaikan pemateri.

“Sebuah penculikan oleh seorang akuwu Tumapel kepada Dedes, putri dari kaum Brahmana hingga menimbulkan perseteruan antara kaum satria dan Brahmana, sampai pada puncaknya Tunggul Ametung terbunuh oleh anak buahnya sendiri yaitu kebo ijo, lalu Ken Dedes di jadikan isteri Ken Arok bersama salah seorang selir bernama Ken Umang”

Pemateri juga menyampaikan bahwa cerita Arok Dedes yang di tulis oleh Pramoedya Ananta Toer ini memiliki banyak perbedaan dengan cerita-cerita yang beredar, karena di buku ini penulisannya menggunakan bahasa yang klasik, jadi kalau membaca buku ini harus di ulang supaya paham dengan apa yang di sampaikan penulis.

Ada beberapa juga siswa/siswi yang bertanya mengenai buku Arok Dedes di antaranya kelebihan dan kekurangan buku itu.

Hingga pada akhir acara di tutup dengan sebuah penampilan musik dari Mega Wulansari dan Siti Nuraeni dengan menyanyikan sebuah lagu starla dari Virgoun.

Semoga dengan adanya kegiatan Literasi ini dapat memotivasi siswa/siswi madrasah untuk meningkatkan pengetahuan melalui membaca dan berbagi pengetahuna melalui menulis.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh dewan guru dan tata  usaha MAN 4 Pandeglang. Termasuk dala kegiatan tersebut juga  hadir kepala MAN 4 Pandeglang Bapak Mamad,S.Ag., M.Ag. yang terlihat asik menikmati acara sambil sesekali menggunakan gawainya untuk mengambil gambar.

Penulis: Purnawati (XII IPS 2)