Info Madrasah
Jumat, 14 Jun 2024
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

Bidang Akademik

Manajemen Akademik MAN 4 Pandeglang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai pedoman utama dalam penyelenggaraan pendidikan, telah dimulai pada tahun pelajaran 2022/2023. Kurikulum ini menjadi landasan bagi seluruh civitas akademika MAN 4 Pandeglang untuk menjalankan berbagai kegiatan akademik dan non-akademik di madrasah. Dengan mengacu pada Kurikulum Merdeka Belajar, MAN 4 Pandeglang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam mencapai tujuan pendidikan madrasah.

Visi:
“Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap, Berlandaskan Iman dan Taqwa”

Misi:

1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki

2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah.

3. Meningkatkan profesionalisme dan pengetahuan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dan tuntutan dinamika kehidupan.

4. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.

5. Menyiapkan siswa yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Kurikulum Merdeka Belajar

Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 4 Pandeglang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih beragam, relevan, dan mengacu pada kebutuhan individual peserta didik. Beberapa ciri khas Kurikulum Merdeka Belajar yang diadopsi oleh madrasah ini meliputi:

Fleksibilitas: Peserta didik memiliki kebebasan untuk memilih mata pelajaran dan pengalaman belajar sesuai dengan minat, bakat, dan aspirasi mereka.

Pembelajaran Berbasis Proyek: Kurikulum ini mengutamakan pembelajaran aktif melalui proyek-proyek yang menantang peserta didik untuk memecahkan masalah dan mengembangkan keterampilan praktis.

Pembelajaran Kontekstual: Materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik dapat melihat relevansi dan aplikasi dari apa yang mereka pelajari.

Pendekatan Holistik: MAN 4 Pandeglang berkomitmen untuk mengembangkan aspek akademik, karakter, sosial, dan spiritual peserta didik.

Capaian Akademik

MAN 4 Pandeglang berupaya mencapai standar akademik yang tinggi melalui penggunaan Kurikulum Merdeka Belajar. Beberapa indikator pencapaian akademik meliputi:

Peningkatan Kemampuan Literasi: Peserta didik diharapkan mampu membaca, menulis, dan berbicara dengan baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing, serta memiliki kemampuan literasi digital.

Penguasaan Mata Pelajaran: Peserta didik diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam dalam mata pelajaran yang mereka pilih, termasuk ilmu pengetahuan, matematika, humaniora, dan keagamaan.

MAN 4 Pandeglang berfokus pada pengembangan keterampilan seperti pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.

Keberlanjutan dan Evaluasi

MAN 4 Pandeglang akan terus memantau dan mengevaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar, serta melakukan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Seluruh civitas akademika madrasah akan terlibat aktif dalam proses evaluasi ini untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien.

MAN 4 Pandeglang berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan berkualitas yang mencetak generasi berkarakter dan berkompeten. Dengan mengadopsi Kurikulum Merdeka Belajar, madrasah ini berupaya mencapai tujuan tersebut melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didik, serta terus meningkatkan akuntabilitas dalam proses pendidikan.