Info Madrasah
Jumat, 27 Jan 2023
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

OSIS MAN 4 PANDELANG LAKSANAKAN LDKS

Diterbitkan : - Kategori : Berita / EKSKUL / INFO TERBARU / MAN 4 PANDEGLANG

OSIS MAN 4 Pandeglang kembali gelar kegiatan Latihan Dasar Kemepimpinan (LDK) Sabtu, (22/10/2022). Kegiatan LDK yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh 60 peserta anggota Osis MAN 4 Pandeglang. Kegiatan diawali dengan apel pembukaan kegiatan secara resmi yang diwakili oleh Wakil Madrasah bagin bidang Kesiswaan, Aa Ambari, S.P.I, Pembina Osis Purjaya, S.Ag. Dalam sambutannya, Aa Ambari, S.Pd.I menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta LDK untuk menjadi peserta didik yang mampu mencerminkan suri tauladan baik terhadap teman-teman yang lainnya.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan. Biasanya diadakan setelah Reorganisasi Pengurus OSIS dipilih dan anggota kegiatan ekstrakurikuler yang telah dinyatakan dterima dilantik menjadi bagian organisasi secara penuh. LDK dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Para peserta LDK mendapatkan macam-macam materi atau bekal ilmu untuk menjalankan organisasnya satu tahun kedepan. Mereka diberi ilmu dan materi mulai dari Leadership/ Kepemimpinan, manajemen Organisasi, Kesekretariatan bahkan materi tentang Pentingnya para Pengurus OSIS sebagai contoh teladan bagi seluruh siswa di sekolah. Dalam materi keteladanan tersebut disampaikan rambu-rambu apa yang harus dilakukan oleh para pengurus ketika mereka menjabat selama periodenya tersebut. Menjadi teladan bagi orang lain memang tidak mudah karena dibutuhkan komitmen dan konsistensi setiap individu namun begitulah jalannya karena pengurus OSIS memang orang-orang pilihan yang memiliki skil dan kemampuan yang baik dalam setiap hal.

Selain materi tersebut, para pengurus OSIS pun belajar bagaimana dituntut untuk mandiri dalam segala hal, contoh kecilnya mereka belajar bagaimana menyajikan serta membuat sendiri makan santap malam dan pagi dengan lauk pauk sederhana juga seadanya. utput yang ingin dicapai dari kegiatan LDK kemarin tersebut adalah diharapkan kepengurusan ini lebih baik lagi dalam menjalankan roda organisasi, menjadi pionir teladan bagi seluruh siswa juga menjadi wadah serta fasilitator berkreasinya seluruh siswa di MAN 4 Pandeglang