Info Madrasah
Jumat, 23 Jul 2021
  • Sekitar 88 persen Siswa MAN 4 Pandeglang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) pada beberapa Universitas se Indonesia, dengan berbagai jurusan termasuk lulus di jurusan kedokteran. Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum Iwan Setiawan, S.Pd, bahwa tahun ini (2021) siswa MAN 4 Pandeglang masih tinggi di Provinsi Banten yang terima di beberapa PTN, dari berbagai jalur seleksi, seperti SNPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN dan PMDP. ini dari beberapa jurusan yang diambil termasuk juga ada dua orang yang lulus di kedokteran.

Sebanyak 229 Siswa MAN 4 Pandeglang Ikuti UNKP 2017

Diterbitkan : - Kategori : INFO TERBARU

CIBALIUNG –

Pelaksananaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 tingkat SLTA secara serentak dilaksanakan se-Indonesia hari Senin, (10/4/2017), sampai hari kamis (13/4/2017). Ujian Nasional di MAN 4 Pandeglang dilaksanakan dengan metode Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang diikuti oleh 229 peserta. Terbagi dalam 3 program, Matematika dan Pengetahuan Alam (MIPA), Program Pengetahuan Sosial (IPS) dan Program Keagamaan.

Ujian Nasional 2017 kali ini berbeda dengan Ujian Nasional tahun 2016 lalu. Karena, hanya 4 mata uji pada setiap programnya. Baik MIPA, IPS dan Keagamaan. Mata ujinya terdiri dari, mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Yang ke 4 nya pada setiap program siswa memilih program peminatan sesuai yang diinginkannya. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala MAN 4 Pandeglang, Drs. Masum, M.Pd sebelum pelaksanaan Ujian Nasional hari Senin, (10/4) pagi. di MAN 4 Pandeglang.

Lalu, kepala MAN 4 Pandeglang menuturkan untuk UN kali ini, masing-masing peserta ujian tentu memilih mata uji peminatannya. Dalam pemilihan mata uji peminatan dari keseluruhan siswa tentu, ada beberapa perbedaaan dalam pilihannya.

Tidak seluruh siswa jurusan MIPA memilih peminatan Biologi, Kimia, Fisika tetapi mereka memilih salahsatu dari tiga peminatan itu, mayoritas di program MIPA MAN 4 Pandeglang memilih Biologi. Begitu juga di program IPS mayoritas siswa memilih Sosiologi sedikit geografi dan lebih sedikit lagi ekonomi. Di program keagamaan 3 orang memilih tafsir sisanya 36 siswa memilih fiqh. Itu yang membedakan ujian nasional tahun 2017 ini. Tutur Drs. Masum, M.Pd.

Sementara perbedaan penilaian ujian nasional tahun ini dikatakan kepala madrasah sangat berbeda dari tahun lalu. Nilai ujian nasional tahun ini tidak menentukan kelulusan, yang menentukan adalah dewan guru, dengan memperhatikan dan mempertimbangkan komponen-komponen lainnya.

Nilai kelulusan siswa kali ini ditentukan oleh dewan guru, tidak oleh hasil Ujian Nasional. Karena itu belum bisa memastikan apakah siswa 100 persen lulus atau tidak, tergantung kepada hasil rapat dewan guru setelah mempertimbangkan komponen-komponen yang dapat menentukan anak lulus atau tidak dalam ujian tahun 2017 ini. Diantaranya apakah dia mempunyai raport yang lengkap dari semester satu sampai dengan semester lima, apakah dia mengikuti pembelajaran yang sempurna dari kelas X, XI dan XII dan ada komponen-komponen lainnya

Diakhir pembicaraannya, kepala MAN 4 Pandeglang berpesan kepada anak didiknya agar bisa mengikuti ujian nasional yang sebaik-baiknya. Dan sangat berharap bisa memperoleh hasil yang maksimal dan sukses.

Kami berharap bahwa anak-anak bisa mengikuti ujian nasional yang sebaik-baiknya. Sehingga memperoleh hasil yang maksimal dan sukses dalam pembelajaran di MAN 4 Pandeglang selama sekolah tiga tahun. Dan tentu berharap juga mereka bisa masuk ke perguruan tinggi sesuai dengan pilihan mereka sehingga mudah-mudahan mereka nanti bisa berhasil dalam kehidupan bermasyarakat. (UB)