Info Madrasah
Minggu, 17 Okt 2021
  • MAN 4 Pandeglang dapat Prestasi membanggakan . Melalui ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten 2021. Selamat untuk Icha Yuritsa, siswa MAN 4 sebagai JUARA KE I KSM Mapel Fisika

Kepala MAN 4 Pandeglang Hadiri Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah

Diterbitkan : - Kategori : INFO TERBARU

SERANG Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten mengadakan Rapat Koordinasi Bidang Madrasah, Senin (23/5/2016). Bertempat di Aula Gedung Pusat Informasi Haji (PIH) Serang Banten.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Dr. H. Machdum Bachtiar, M Pd, Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Drs. Hariri, M Si, dan para Kepala Madrasah baik dari MIN, MTsN dan MAN se Provinsi Banten, termasuk kepala MAN 4 Pandeglang Drs. H. Masum, M.Pd.

Acara Rapat Koordinasi dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Dr. H. Machdum Bachtiar, M Pd. Materi Rapat koordinasi yang dibahas adalah :

  1. Evaluasi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN) 2016.
  2. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pada dasarnya pelaksanaan UAMBN dan UN 2016 di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Banten cukup baik. Namun demikian perolehan skor nilai hasil Ujian Nasional masih harus ditingkatkan. Demikian menurut Kabid Penma Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten dalam Rapat Koordinasi, Senin (23/05).

Selanjutnya, Kabid Penma melihat sisi keberhasilan dari Madrasah di Provinsi Banten, selain keberhasilan pada UN dan UAMBN, dimana MAN IC Serpong Banten berhasil memperoleh medali 1 emas, 1 perak dan 4 perunggu pada OSN tingkat Nasional di Palembang baru-baru ini.

Keberhasilan OSN ini juga menurut Dr. H. Machdum Bachtiar, M Pd, adalah keberhasilan dari Madrasah.

Provinsi Jawa timur dari 18 utusan, 14 di antaranya berasal dari Madrasah. Ini merupakan salah satu keberhasilan Madrasah. Keberhasilan ini harus ditingkatkan, karena itu sudah seharusnya setiap madrasah menggunakan waktu seefektif mungkin sebagaimana yang ditetapkan bersama dalam kalender pendidikan. Kata Kabid Penma dalam arahannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Drs. Hariri, M Si, sebagai pimpinan pada acara rapat koordinasi mengharapkan adanya kebersamaan dalam kegiatan kalender pendidikan tahun 2016/2017, meskipun Madrasah mempunyai otonomi dalam hal ini, misalnya mulai hari pertama sekolah, Ujian Akhir Semester, Ujian Kenaikan Kelas, dan kegiatan lainnya. Beliau juga mengharapkan kalender yang sudah dibahas bersama ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam proses pembelajaran di tahun pelajaran 2016-2017.

Di tempat yang sama peserta Rapat Drs. H. Masum, M.Pd, ketika dihubungi sangat menyambut baik dari hasil Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah.

Lalu kata Kepala MAN 4 Pandeglang, sebagai ujung tombak di lapangan sudah seharusnya madrasah mengikuti apa yang telah disepakati bersama yang ada di dalam kalender pendidikan, sehingga kegiatan pembelajaran baik intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler dapat berlangsung secara efektif.(Uuh Buchori/pandeglang)