PENULIS
Iwan Setiawan, ST., S.Pd, M.Pd (c) : Guru MAN 4 Pandeglang
Selamat datang di Jurnal MAN 4 Pandeglang
Pendidikan adalah pilar utama dalam pembangunan suatu negara, dan di Indonesia, kebijakan pendidikan nasional telah ditetapkan dengan tujuan yang mulia: meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan akses yang lebih luas ke pendidikan menengah dan kejuruan. Namun, seperti dalam setiap implementasi kebijakan, tantangan-tantangan tak terhindarkan muncul.
Artikel penelitian ini hadir untuk memperkenalkan implementasi kebijakan pendidikan menengah dan kejuruan di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dan analisis dokumen, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan-tantangan yang dihadapi serta merumuskan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.
Hasil penelitian kami mengungkapkan berbagai hambatan yang masih dihadapi dalam implementasi kebijakan pendidikan menengah dan kejuruan di Indonesia. Mulai dari kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas hingga kurangnya dukungan dari pihak terkait, termasuk kurangnya fasilitas, infrastruktur, dukungan keuangan, hingga kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja.
Untuk memperbaiki implementasi kebijakan pendidikan menengah dan kejuruan di Indonesia, peran pemerintah harus diperkuat, dan kerjasama yang erat antara pemerintah, industri, dan institusi pendidikan menjadi kunci keberhasilan. Untuk lebih jelasnya mari kita baca dengan seksama melalui tautan di bawah ini, kami berharap tulisan ini dapat memberikan wawasan yang mendalam, menginspirasi perubahan, dan mendorong partisipasi aktif dari Anda dalam memajukan pendidikan kita.