Info Madrasah
Jumat, 12 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

Menyempurnakan Pembelajaran Fisika Kelas X di MAN 4 Pandeglang: Metode Diskusi dan Eksperimen dalam Materi Perpindahan Kalor

Diterbitkan :

Penulis: Iwan Setiawan, ST, S.Pd (Wakamad Kurikulum MAN 4 Pandeglang)

Dalam pembelajaran di kelas, metode diskusi dan metode eksperimen diperlukan agar siswa tidak merasa bosan dalam menjalankan kegiatan belajar. Keberhasilan proses pengajaran dan pembelajaran dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM. Dalam pembelajaran Fisika kelas X, hanya 64% siswa yang mencapai KKM. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Penelitian ini dilakukan di kelas X MAN 4 Pandeglang pada Agustus-September 2022, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam materi Perpindahan Kalor. Siklus I menggunakan metode diskusi dan eksperimen. Pada siklus II, ditambahkan teknik pengelolaan kelas dengan mengorganisir kelompok belajar siswa secara heterogen berdasarkan gender dan tingkat pengetahuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian KKM untuk teori dan praktek meningkat, dari 64% dan 44,44% pada pra-siklus, menjadi 88% dan 83,33% pada siklus I, dan 97% dan 94,44% pada siklus II. Kesimpulan penelitian: Metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam materi perpindahan kalor di kelas X.

Link Artikel : BACA SELENGKAPNYA