Info Madrasah
Jumat, 14 Jun 2024
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

Hari Santri Nasional 2023: Peringatan Penuh Semangat di MAN 4 Pandeglang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pandeglang, 23 Oktober 2023 – Hari Santri Nasional, yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, telah menjadi momen penting dalam kalender keagamaan dan kebudayaan Indonesia. Peringatan ini, yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, memperingati dan menghormati jasa perjuangan ulama dan tokoh-tokoh Islam yang telah memberikan kontribusi berharga bagi masyarakat dan negara.

Pada tanggal 23 Oktober 2023, MAN 4 Pandeglang merayakan Hari Santri Nasional dengan semangat dan kegembiraan yang luar biasa. Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” untuk merayakan peringatan tersebut. Tema ini memiliki makna mendalam, mengingat kata “jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, tetapi juga mencakup perjuangan dalam memperkuat iman, mendalami ilmu, dan memperbaiki diri.

Peringatan Hari Santri di MAN 4 Pandeglang melibatkan partisipasi aktif dari para pelajar dan Dewan Guru. Berbagai perlombaan dan kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan peringatan ini, termasuk:

Solo Song Religi: Pelajar berkompetisi dalam menyanyikan lagu-lagu religi yang menginspirasi dan mendalam maknanya.

Fashion Show Muslimah: Sebuah peragaan busana muslimah yang memamerkan berbagai desain busana Islami, mempromosikan nilai-nilai kesederhanaan dan keanggunan dalam berpakaian.

Kaligrafi: Lomba kaligrafi untuk menunjukkan keindahan seni tulisan Arab yang sering digunakan dalam seni Islam.

MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran): Para pelajar bersaing dalam membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Quran dengan lancar dan benar.

Adzan: Sebuah kompetisi mengenai kualitas suara dan teknik adzan, yang merupakan panggilan untuk shalat yang sangat penting dalam Islam.

Peringatan Hari Santri Nasional di Man 4 Pandeglang tidak hanya memberikan wadah bagi para pelajar untuk bersaing dalam berbagai kegiatan, tetapi juga untuk menghormati warisan dan perjuangan ulama-ulama terdahulu yang telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan agama Islam di Indonesia.

Semangat perayaan ini mencerminkan komitmen masyarakat Santri untuk terus memperdalam pengetahuan agama, memperkuat iman, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Sebuah momen yang menginspirasi, di mana nilai-nilai keagamaan dan budaya bersatu dalam semangat perjuangan untuk kebaikan bersama.

Selamat Hari Santri, Semoga semangat perjuangan, pengetahuan, dan nilai-nilai kebaikan yang diwariskan oleh para ulama dan tokoh-tokoh Islam menjadi inspirasi bagi kita semua dalam memperkuat iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri. Selamat merayakan Hari Santri Nasional.

 

Penulis : Devia Septiani (Jurnalis Muda Man 4 Pandeglang)