Info Madrasah
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekitar 88 persen Siswa MAN 4 Pandeglang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) pada beberapa Universitas se Indonesia, dengan berbagai jurusan termasuk lulus di jurusan kedokteran. Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum Iwan Setiawan, S.Pd, bahwa tahun ini (2021) siswa MAN 4 Pandeglang masih tinggi di Provinsi Banten yang terima di beberapa PTN, dari berbagai jalur seleksi, seperti SNPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN dan PMDP. ini dari beberapa jurusan yang diambil termasuk juga ada dua orang yang lulus di kedokteran.

MAN 4 PANDEGLANG MEMBANGUN ASRAMA SISWA DAN MES GURU

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Alhamdulillah Madrasah Aliyah Negeri 4 (MAN 4) Pandeglang pada Tahun 2021 ini dapat membangun Asrama Siswa dan Mes Guru melalui dana Sertifikat Berharga Syariah Negara (SBSN), yang pengusulannya sudah dilakukan sejak tahun 2019. Asrama yang dibangun adalah Asrama Siswa Type 1 luas total 771,87 m2 sebanyak 3 lantai didalamnya memiliki 6 kamar dengan kapasitas 12 peserta didik setiap kamar sehingga seluruhnya dapat menampung 72 peserta didik, sementara Mes Guru yang dibangun sebanyak 4 kopel dengan masing-masing kopel terdapat 2 unit rumah type 36 sehingga seluruhnya menjadi 8 unit rumah. Asrama akan digunakan sebagai tempat tinggal siswa dengan kriteria tertentu selama belajar di MAN 4 Pandeglang, adapun Mes Guru akan digunakan sebagai rumah tinggal guru atau Pembina asrama yang mengajar di MAN 4 Pandeglang.

Lokasi pembangunan Asrama                            Lokasi Pembangunan Mes Guru

Pembangunan Asrama Siswa dan Mes Guru lengkap dengan mebelair akan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 7.095.740.000,00 (Tujuh Milyar Sembilan Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah). Anggaran sebanyak itu digunakan untuk kegiatan perencanaan, pembangunan fisiki, kegiatan pengawasan, belanja mebelair, administrasi kegiatan, serta honor-honor pihak yang terlibat. Kepala Madrasah Aliyah Negeri 4 Pandeglang selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), sesuai aturan yang berlaku sudah menetapkan Pejabat Pembuat Komitment (PPK) Kegiatan SBSN, Menetapkan Pejabat Pengadaan kegiatan SBSN, Menetapkan Tim Teknis dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang, juga sudah mengusulkan Kelompok Kerja Pengadaan (Pokja) yang Penetapannya dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Pusat di Jakarta, pokja pengadaan ini akan diberi kewenangan untuk melaksanakan tugas-tugas seleksi dan tender. Di MAN 4 Pandeglang sendiri memiliki tim internal terdiri atas KPA, PPK Satuan Kerja (Satker), Bendahara, serta Operator Satker.

Penandatanganan kontrak sudah dilaksanakan antara PPK SBSN dengan pemenang Tender pada Senin 19 Juli 2021 dihadiri para perencana, pengawas, kontraktor, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, serta beberapa pejabat dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan lancar dan dapat selesai tepat waktu, yaitu paling lambat tanggal 15 Desember 2021.

Menurut Drs. Hasanudin, M.Pd.,M.Sc. Kepala madrasah akan melaporkan secara rutin progress fisik pembangunan secara berkala kepada pihak terkait, terutama kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang maupun Kanwil Kemenag Provinsi Banten. Pada Minggu ke-5 pada Agustus 2021, berdasarkan analisis consultant pengawas bahwa progress pembangunan Asrama sudah mencapai 16,1%, sedangkan progress pembangunan Mes Guru sudah mencapai 27,39%.

Progress Asrama pada 15 Agustus 2021               Progress Mes Guru pada 15 Agustus 2021

Menurut Drs. Hasanudin, M.Pd.,M.Sc. Selaku Kepala MAN 4 Pandeglang. Dengan hadirnya Asrama Siswa dan Mes Guru, diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa serta meningkatkan kualitas lulusan Madrasah Aliyah Negeri 4 Pandeglang. Seluruh siswa MAN 4 harus sudah memulai dari saat ini untuk terbiasa meningkatkan budaya mutu, meningkatkan disiplin, meningkatkan kebiasaan peduli kebersihan, mengasah semangat belajar, menumbuhkan jiwa religiusitas melalui kebiasaan sholat berjamaah, terbiasa baca dan hafal qur’an, mau melaksanakan sholat sunah, terlebih terbiasa melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Madrasah dibawah pimpinan kepala madrasah bersama dengan guru dan tata usaha, memiliki tugas mempersiapakan sedini mungkin berbagai persiapan perangkat lunak (softskill)  dan kegiatan seperti mengawal budaya mutu bagi seluruh siswa MAN 4 Pandeglang, mempersiapkan konsep kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik di asrama, menentukan kriteria peserta didik,  kriteria guru yang akan menjadi pendamping dan pembimbing siswa asrama. Semoga dengan semangat juang membangun Madrasah Aliyah Negeri 4 Pandeglang segalanya dapat terwujud dengan lancar.