SEKILAS INFO
: - Rabu, 12-08-2020
  • 2 bulan yang lalu / Jadwal Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk semester genap pada tahun ajaran 2019/2020. PAT akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni hingga 12 Juni 2020
  • 5 bulan yang lalu / Informasi Pendaftaran Siswa Baru MAN 4 Pandeglang bisa anda klik di https://ppdb.man4pandeglang.sch.id
Tim Jurnalistik MAN 4 Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Dan Literasi Bersama Penulis Muda

CIBALIUNG Sekitar 25 orang Siswa MAN 4 Pandeglang Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Literasi MAN 4 Pandeglang bersama penulis muda. Sabtu, (25/6/2016). Acara ini diselenggarakan oleh Tim Jurnalistik MAN 4 Pandeglang, MAN 4 menjadi tempat penyelenggaraan pelatihan.

Kegiatan pelatihan jurnalistik dan literasi ini, mengundang beberapa pakar jurnalis atau literasi yaitu ada, Fauzi Albarra (CEO PT. Albarra yang membawahi media berita cilegon online, berita pandeglang online, berita banten online sekaligus sebagai penulis buku motivasi Jangan dibaca). Hadir juga CEO Smart Maker Ade Sudirman, M.Pd. (Penulis buku smart fingers, Dosen, Tim Penulis dan Editior Majalah atau Jurnal di UNMA Banten).

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala MAN 4 Pandeglang Drs. Masum M.Pd.

Kepala MAN 4 Pandeglang dalam sambutannya sangat mengapresiasi seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini.

Saya sangat mengapresiasi kalian, dan bisa menyempatkan waktu untuk datang kesini, sedangkan mereka disana ada yang sibuk dengan kantuknya, dengan gamesnya, dengan facebooknya, menurut Bapak sangat luar biasa sekali, sudah mau meluangkan waktu untuk terus mencari ilmu ujarnya.

Drs. Masum berharap bahwa, setelah kegiatan ini mudah-mudahan bisa menerapkan ilmunya untuk menjadi seorang penulis.

Di tempat yang sama, Uuh Buchori, SE. Pembina Jurnalistik MAN 4 Pandeglang mengatakan, bahwa, kegiatan ini sengaja diadakan. Pertama menurutnya, sebagai tim jurnalis harus mampu memahami keilmuan tentang jurnalistik yang sesungguhnya.

Untuk memahami tentang ilmu jurnalistik dan literasi kami sengaja undang beberapa pakar yang kami anggap mumpuni dibidang ini, ada Bapak Oji dan Bapak Ade Sudirman, diharapkan setelah kegiatan ini, ilmu beliau bisa turun ke siswa MAN 4 Pandeglang yaitu ilmu tentang kejurnalisan atau tentang penulisan buku kata Uuh Buchori, SE.

Lebih lanjut, Ia mengatakan peserta yang ikut kegiatan ini dibatasi hanya 25 orang saja, supaya 25 orang ini biasa konsentrasi dalam belajarnya.

Hanya 25 orang, mengingat sekarang bulan ramadhan, supaya belajarnya tidak ngantuk, tidak pusing, tidak kepanasan di ruangan. Yang pasti 25 orang insyallah menangkap ilmunya akan mudah tuturnya.

Pembina Jurnalistik juga berharap, setelah kegiatan ini, siswa MAN 4 Pandeglang bisa menjadi penulis muda.

Kegiatan ini juga diapresiasi oleh beberapa peserta juga.

Saepudin, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berkesan dan memotivasi sebagai penulis.

Bagi kami sebagai anak daerah di pelosok, mungkin beberapa dari kami baru pertama kali bisa ikut kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Literasi dengan narasumber seorang penulis buku sekaligus sang motivator terkenal : Ade Sudirman (Penulis Buku Smart Fingers) dan Fauzi Albarra (Penulis Buku Jangan Dibaca).

Bagi saya, ini sangat berkesan dan memotivasi sekali. Budaya literasi dikalangan pelajar khususnya anak anak pedesaan masih sangat rendah, jadi sangat perlu sekali memahamkan kepada para pelajar bahwa menulis itu sangat perlu dan bermanfaat untuk dibaca. Karena dengan menulis, ketika kita lupa maka bisa kita buka lagi tulisan yang kita pernah tulis.

Satu hal yang saya ingat dari Pak Fauzi Albarra bahwa tidak ada yang salah dengan sebuah proses, tapi yang salah adalah yang tidak melakukan. Satu hal lagi yang saya ingat dari Bpk. Ade Sudirman, bahwa kelemahan yang kita miliki, jadikanlah suatu motivasi diri

Terima kasih saya ucapkan kepada Keluarga Besar MAN 4 Pandeglang atas kesempatan ini. Dengan jumlah peserta yang terbatas, namun saya bisa ikut di acar ini dengan para Jurnalis Muda MAN 4 Pandeglang yang super super semangatnya tutur Saepudin.

Sementera kata Oom Fitria salah satu pesera perempuan mengatakan,

Alhamdulillahirrobil alamin, dapat mengisi waktu kosong dgn kegiatan yang Insya Allah membawa berkah dibulan penuh berkah.

Sangat beruntung bisa menjadi orang yang ikut serta pada kegiatan positif dan sangat inspiratif, dengan 2 pemateri yang sangat mumpuni dibidang jurnalistik dan penulisan buku.

Alhmadulillah juga mendapatkan bibit-bibit motivasi serta insya Allah hafalan 16 Tenses dengan mudah. Mendapatkan materi langsung dari pemateri yang memiliki jam terbang yang sangat padat, tentu merupakan suatu berkah yang harus disyukuri. Terima kasih kepada Bapak Uuh Buchori, SE selaku pembina Jurnalis Muda MAN 4 Pandeglang yang telah memberikan kesempatan kepada kami. Kata Oom.

Lalu, Siti Jumaela peserta dari kelas X Jurusan Keagamaan mengatakan,

Saya sangat senang dan bangga bisa mengikuti pelatihan jurnalistik dan literasi di MAN 4 Pandeglang bersama dengan peserta jurnalis lainnya.

Dengan kedatangan 2 orang penulis muda, menurut saya sangat hebat dan luar biasa. Banyak sekali ilmu yang didapat terutama bagaimana cara menerbitkan buku, menulis berita, menghafal tenses dengan waktu yang singkat dan motivasi-motivasi belajar lainnya. Serta ilmu-ilmu yang akan membawa kita menjadi generasi penerus bangsa yang jauh lebih baik.

Pesan saya, semoga dengan diadakannya kegiatan pelatihan-pelatihan jurnalis dan literasi ini, dapat bermanfaat bagi kita semua, serta ilmu yang akan membawa kita menjadi generasi penerus bangsa yang adil dan baik, serta amanah”. Pungkasnya. (Siti Romlah/Riska/Lilis)

Pengumuman

Jadwal Ujian Akhir Tahun Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020

Pelepasan Kelas XII dan Kenaikan Kelas X, XI

Jadwal Utama UNBK