Info Sekolah
Senin, 15 Sep 2025
  • 📚 Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang 📚 | Madrasah Modern dengan Visi Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap, dan Berlandaskan Iman dan Taqwa | Mencetak Generasi Rabbani yang Kompeten, Berakhlak, dan Berdaya Saing Tinggi | Pendidikan di MAN 4 Pandeglang adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai keislaman |
  • 📚 Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang 📚 | Madrasah Modern dengan Visi Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap, dan Berlandaskan Iman dan Taqwa | Mencetak Generasi Rabbani yang Kompeten, Berakhlak, dan Berdaya Saing Tinggi | Pendidikan di MAN 4 Pandeglang adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai keislaman |
1 Mei 2023

Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah pada Peringatan Hardiknas

Sen, 1 Mei 2023 Dibaca 3319x

Ki Hadjar Dewantara, seorang pelopor pendidikan yang dihormati, merayakan hari kelahirannya pada tanggal 2 Mei. Tak hanya dikenal sebagai Pahlawan Nasional, tetapi juga sebagai Bapak Pendidikan Nasional, ia telah memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan Indonesia. Melalui gagasannya tentang pendidikan yang merdeka, ia memperjuangkan hak semua orang untuk belajar tanpa terkekang oleh status sosial, agama, atau gender. Oleh karena itu, peringatan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara tidak hanya sekedar memperingati sejarah, tetapi juga mengingatkan kita akan nilai-nilai yang ia usung dan menginspirasi kita untuk terus memperjuangkan pendidikan.

Pendidikan merupakan hal penting bagi keberlangsungan hidup bangsa. Lebih dari sekadar membangun karakter individu, pendidikan juga memperkuat dasar kemajuan suatu negara. Karenanya, peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas menjadi momen penting untuk membangkitkan semangat kita dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Pendidikan madrasah merupakan jenis pendidikan yang memerlukan perhatian khusus. Karena pendekatannya yang lebih religius dan moral, meningkatkan mutu pendidikan madrasah memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena itu, peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

Menurut penelitian, peran guru dalam pendidikan meliputi menjadi fasilitator, motivator, penyampai ilmu pengetahuan, dan memberikan motivasi serta arahan kepada siswa. Peran ini sangatlah penting untuk mempengaruhi perkembangan positif siswa. Guru juga harus mampu memberikan pembelajaran secara baik dan efektif serta berinovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran yang menarik minat siswa.

Agar dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan kompetensi yang memadai. Kompetensi guru dalam penguasaan materi pelajaran, keterampilan mengajar, dan kecakapan sosial sangatlah penting dalam mempengaruhi mutu pendidikan. Selain itu, guru juga harus memperhatikan perkembangan teknologi dalam pendidikan dan mengembangkan kemampuan dalam menggunakan teknologi tersebut sebagai media pembelajaran.

Kepala madrasah juga harus berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Model supervisi dan pengawasan kepala madrasah dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Kepala madrasah harus mampu melakukan evaluasi dan memberikan umpan balik kepada guru dalam mengembangkan kualitas pembelajaran.

Penilaian kompetensi guru secara obyektif juga sangat penting untuk memastikan bahwa guru memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Hal ini juga dapat memberikan umpan balik yang berguna dalam mengembangkan kompetensi guru.

Terakhir, pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Pengembangan bahan pembelajaran yang relevan dan up-to-date sangatlah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, guru harus selalu mengikuti perkembangan zaman dan memperbarui pengetahuan serta keterampilan mereka secara terus-menerus.

Dalam kesimpulannya, peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah pada peringatan Hardiknas. Guru harus memiliki kompetensi yang memadai, dapat bekerja sama dengan kepala madrasah dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan terus mengembangkan diri agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Melalui upaya bersama, kita dapat menciptakan pendidikan madrasah yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. Wallahu A’lam.

Referensi:

  1. Akbar, M. (2018). Model Supervisi Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 111-125.
  2. Eviyanti, N., & Syahrial, R. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Pariaman. Jurnal Edukasi dan Sains, 5(1), 1-6.
  3. Fitriani, E., & Husnaini, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 131-146.
  4. Kusumawati, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 50-64.
  5. Marpaung, S., & Murniarti, R. (2020). Developing Teaching Materials Based on Curriculum 2013 to Improve Critical Thinking Skills of Students in Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 042051.

 

Penulis: Uuh Buchori

Pengumuman

Terbit : Kamis, 5 Juni 2025 04:42:01
Pengumuman Kelulusan PPDB 2025/2026
📢 Pengumuman Kelulusan PPDB 2025 Link akan aktif mulai 5 Juni 2025 pukul 16.00 WIB..
Terbit : Sabtu, 4 Mei 2024 14:01:54
Undangan Rapat Pleno Kelulusan Siswa Kelas 12

Terbit : Jumat, 3 Mei 2024 14:03:00
Undangan Pembagian Surat Keputusan Kelulusan Siswa Kelas 12

Hubungi Kami

MAN 4 Pandeglang

NPSN 20622327
Jl. Raya Sukajadi, komplek situ sadang, Sukajadi, Kec. Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten 42285
TELEPON 087722103601
EMAIL info@man4pandeglang.sch.id
WHATSAPP 087722103601