Info Madrasah
Sabtu, 06 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

Literasi Madrasah: Pendekatan Yang Waras Demi Menjalani Hidup Yang Baik

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Menggali Kekayaan Pikiran Melalui Program Literasi Madrasah “Pendekatan Yang Waras Demi Menjalani Hidup Yang Baik”

Sebuah perjumpaan berharga antara ilmu dan pemahaman diri terjadi pada Rabu, 23 Agustus 2023 di MAN 4 Pandeglang. Kelas XII MIPA 4 bersatu sebagai petugas dalam sebuah acara literasi madrasah yang membangkitkan refleksi mendalam mengenai buku yang menjadi fokus program literasi, “Pendekatan Yang Waras Demi Menjalani Hidup Yang Baik” karya Mark Manson.

Pemateri: Aditya Arga dan Siti Nuraisah. Moderator: Siti Naziah dan May Auliya Damayanti, sementara semua detil penting dirangkum oleh Marya Salsa Dwina dalam kapasitasnya sebagai notulen.

Judul Buku : Pendekatan Yang Waras Demi Menjalani Hidup Yang Baik
Penulis : Mark Manson
Terbit : 13 September 2016

Buku ini diitulis oleh Mark Manson seorang blogger asal Amerika yang telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu konsep utama dalam buku ini adalah bahwa kita sering kali menghabiskan terlalu banyak energi dan perhatian kita untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berarti. Mark Manson mengajarkan kita untuk memilih dengan bijak dimana kita ingin mengivenstasikan waktu, perhatian dan emosi kita.

Begitu banyak dari kita terjebak dalam siklus mencari persetujuan dan kebahagian eksternal, mencoba memenuhi harapan orang lain atau bahkan mencoba memenuhi standar yang ditetapkan oleh masyarakat. Namun “The subtle Art Of Not Giving a Fuck” mengajarkan kita untuk membebaskan diri dari ekspektasi yang tidak realitis dan mengalihkan focus kita pada hal-hal yang lebih berarti dan autentik dalam hidup.

Buku ini juga menekankan pentingnya menerima kenyataan bahwa hidup tidak selalu berjalan mulus. Ketika kita belajar menerima kegagalan, ketidaksempurnaan dan kesulitan sebagai bagian alami dari perjalanan hidup, kita dapat mengembangkan keberanian dan kekuatan untuk menghadapinya dengan baik.

Penting untuk dipahami bahwa hal-hal tidak selalu berjalan dan keinginan kita dengan apa yang kita rencanakan peristiwa mungkin saja akan berjalan salah dan orang-orang akan bertindak bertentangan dengan kita hal-hal buruk akan selalu terjadi dan itu merupakan hal biasa.

“If you’ll never bleed you’ll never gonna grow”

Jika kita belum pernah merasakan luka bagaimana kita akan bisa menghadapinya nanti.
Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya menetapkan nilai-nilai yang benar-benar penting bagi kita. Dalam hidup ini, ada begitu banyak hal yang menganggu dan mengalihkan perhatian kita. Namun, dengan mengetahui dan memahami nilai-nilai inti. Kita dapat memprioritaskan apa yang benar-benar penting dan menentukan apa yang layak mendapatkan perhatian dan focus kita.

Save you times, attention and emotion.
Masa bodoh di buku ini dijelaskan bahwa masa bodoh dan cuek adalah cara yang sederhana untuk mengarahkan kembali ekspektasi hidup kita dan memilih apa yang penting dan apa yang tidak ketika kita bisa memilih atau selektif dalam suatu pilihan itu adalah proses kedewasaan yang sedang kita alami di buku ini terdapat tiga seni yang dapat membantu menjernihkan pikiran kita.

  1. Masa bodoh bukan berarti menjadi acuh masa bodoh berarti nyaman saat menjadi berbeda intinya masa bodoh merupakan sikap nyaman saat kamu ada di keadaan yang berbeda dari yang lainnya baik kaya miskin berhasil gagal bisa tidak kita tidak peduli atau masa bodoh sama semua hal itu tapi kita hanya perlu memilih mana aja bagian-bagian layak untuk kita peduliin dengan menemukan atau memilih suatu yang penting dan bermakna untuk hidup kita.
  2. Untuk bisa mengatakan bodoh amat pada kesulitan pertama anda harus peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan. Jika anda menyadari kalau diri anda secara konsisten memberikan porsi perhatian yang terlalu berlebihan untuk hal sepele yang membuat anda gusar dan capek, berhentilah karena itu akan membuat waktu dan tenaga anda terbuang sia-sia. Agar focus anda kalian tidak teralihkan oleh hal-hal yang seperti itu, anda harus menemukan sesuatu yang penuh arti atau tujuan hidup. Jika anda mempunyai tujuan hidup secara tidak langsung akan mementingkan tujuan yang sedang diraih, dan apabila tidak ada tujuan hidup maka perhatian akan tercurahkan ke hal-hal yang tidak bermanfaat.
  3. Entah disadari atau tidak anda akan selalu memilih satu hal untuk diperhatikan. Mengapa kita harus memilih sesuatu hal untuk diperhatikan dan dijadikan prioritas dalam hidup kita karena kita tidak bisa focus pada semua hal seiring bertambah dewasanya kita mulai memperhatikan sebagian hal yang hanya berdampak kecil dalam hidup kita didukung berdasarkan banyak pengalaman yang telah kita lewati seperti penolakan atau komentar orang lain itu tidak diperhitungkan lagi atau kita jadi selektif dalam hal itu. Jadi pintar-pintarlah kita dalam memilih kepentingan yang perlu kita kerjakan atau tidak.

Dalam buku ini penulis menghadirkan wawasan yang menginspirasi tentang bagaimana kita dapat hidup dengan bebas, damai, dan Bahagia. Melalui penuturan yang tajam dan penuh humor, buku ini mengajak pembaca untuk melepaskan diri dari tekanan social, ekspektasi berlebih dan terjerat dalam rutinitas yang tidak bermakna.

Pada akhirnya sebuah seni untuk Bersikap Bodoh amat adalah sebuah karya yang membebaskan pikiran yang membebaskan pikiran dan menghidupkan semangat merayakan kebebasan. Buku ini menunjukkan sikap yang bebas dari beban. Kita dapat menemukan kebahagiaan dan sukses sejati