SEKILAS INFO
: - Jumat, 10-07-2020
  • 1 bulan yang lalu / Jadwal Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk semester genap pada tahun ajaran 2019/2020. PAT akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni hingga 12 Juni 2020
  • 3 bulan yang lalu / Informasi Pendaftaran Siswa Baru MAN 4 Pandeglang bisa anda klik di https://ppdb.man4pandeglang.sch.id
Catatan Kecil Paksi MAN 4 Pandeglang, Kemah Wisata Api Literasi 2019

Pagi itu, Jum’at 26 Juli 2019, kami  dari PAKSI MAN 4 Pandeglang yang terdiri dari Mag Moch Nur Rifki sebagai Ketum PAKSI 2019 Mang Muhamad Suepa Pengurus PAKSI, Mang Haris Mahendra  sebagai anggota PAKSI dan saya sendiri  Mang Muhamad Hafidudin Pengurus PASKI Bidang Internal.

Kami  berangkat bersama Pemilik TBM Saung Huma sekaligus Pembina  PAKSI MAN 4 Pandeglang Bapak Munawir Syahidi dan istrinya ibu Arnasih yang mewakili  SMKN 12 Pandeglang, kami berangkat dari TBM Saung Huma yang bertempat di kampong  Curug luhur, Desa Waringinjaya Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pendeglang menuju  kampong  Literasi yang berada di Kabupaten Lebak. Kami berisitirahat sejenak di TBM kedai Proses  untuk melaksakan salat jumat di sebuah masjid yang berada di kampung tersebut.

Setelah kami melaksanakan shalat jumat kami mengisi perut terlebih dahulu untuk persiapan melanjutkan perjalanan menuju Ds. Ciparasi.

Tetapi sebelum itu kami berkumpul terlebih dahulu bersama para pegiat literasi lainnya di Diskerpus Lebak, untuk mendengarkan pengarahan dari para panitia Kemah Wisata Api Literasi 2019, setelah itu kami  diberangkatkan dari DiSKERPUS LEBAK menuju Ds. Ciparasi Kec. Sobang dengan di kawal oleh satu mobil polisi.

 Jalan yang menanjak, menurun dan berliku – liku tidak membuat kami capek dan bosan karena terbayarkan oleh pemandangan yang sangat indah, suhu udara yang sangat sejuk dan perjalanan yang menyenangkan. Hingga akhirnya kami sampai di tempat Kemah Wisata Api Literasi 2019  di Desa. Ciparasi Kecamatan. Sobang Kabupaten Lebak. Kami langsung memasang tenda untuk beristirahat, tidur dan juga menyimpan barang – barang.

 Para peserta yang sangat luar biasa yaitu orang – orang hebat, mereka adalah para pegiat literasi dari berbagai komunitas di indonesia. Banyaknya jumlah peserta juga menjadikan acara semakin meriah di tambah oleh masyarakat sekitar desa Ciparasi dan juga para pelajar dari SD-SLTA  yang juga ikut memeriahkan acara.

 Sebelum acara dimulai dan dibuka di pagi hari, di malam harinya para panitia mengadakan acara dzikir bersama sebagai rasa syukur kepada tuhan yang maha kuasa, karena telah menjadikan alam di desa Ciparasi ini sangat menakjubkan, dilanjutkan dengan acara makan tumpeng bersama yang membuat perut terasa kenyang. Acara selanjutnya yaitu Rembug Literasi Desa untuk Kepala Desa dan Pegiat Literasi oleh Dr. Firman Hadaiansah M.Hum (Ket. PP. FTBM) dan Drs. H. Asep Komar Hidayat M.Pd. Setelah ketiga acara di laksanakan dengan lancar.

Memeriahkan acara  Konser musik yang di isi oleh KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan) dan dimeriahkan oleh para peserta Kemah Wisata Api Literasi 2019 serta masyarakat sekitar. Selain konser musik para panitia juga mengadakan acara Nobar (nonton bersama) Film edukasi untuk memberikan hiburan sekaligus pengajaran kepada para peserta kemah dan masyarakat sekitar.

Keesokan harinya yaitu Hari sabtu, 27 Juli 2019 pada pukul 08.00 WIB acara di mulai dengan pembacaan ayat suci al-qur’an oleh juara MTQ Kecamatan Sobang, laporan panitia sekaligus pembacaan prestasi literasi dan simbolis penyerahan penghargaan oleh kepala Diskerpus Kabupaten. Lebak, sambutan koordinator gerakan literasi nasional oleh kepala badan bahasa dan perbukuan yaitu Prof. Dr. Dadan Suhendar, M.Hum yang diwakili Kepala Kantor Bahasa Banten.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil bupati Lebak, pidato wakil bupati yang sangat luar biasa memeriahkan acara, membuat warga masyarakat Lebak merasa bangga kepada sosok bapak wakil Bupati yang sangat istimewa dimata masyarakatnya. Acara di buka dengan mengucapkan lafadz Al-basmalah sambil menerbangkan balon-balon sebagai simbolis bahwa acara telah di buka.

Acara yang begitu meriah, yang di isi oleh orang-orang yang luar biasa dari para pegiat literasi,  termasuk salah satunya adalah kang Maman,  kang Maman adalah salah satu tokoh Literasi Nasional yang senantiasa menjadi notulen di acara TRANS 7 yaitu di acara ILK (Indonesia lawak club), selain itu dia juga adalah seorang novelis dan motivator. Ditambah dengan pentas senam pramuka oleh PRAMUKA SMAN 1 Sobang,  ikut memeriahkan acara. Selain itu ada juga Lomba Mewarnai tingkat TK yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB S/D waktu dzuhur tiba.

Sebelum waktu dzuhur tiba, panitia dan peserta Kemah Wisata Api Literasi berdo’a bersama dengan di pimpin oleh ustadz perwakilan MUI Kec. Sobang, dilanjutkan dengan foto bersama bapak wakil bupati dan para tokoh literasi nasional.

Di malam hari, yaitu malam minggunya, seperti biasa para panitia mengadakan hiburan-hiburan yang tidak jauh berbeda dari malam sebelumnya hanya saja ada tambahan acara yaitu Talk Show Literasi yang di isi oleh beberapa Narasumber Tokoh Literasi seperti Kang Maman Suherman (Novelis, motivator dan notulen ILK), Firman Venayaksa (PP. F.TBM), Drs.H. Asep Komar Hidayat M.Pd (Kadis Diskerpus Kab. Lebak), Lukman Solihin (pusat penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan, balitbang kemendikbud), Jaro Ruhandi (Kepala desa Warung Banten-Lebak) dan Faturrahman (kepala desa Ciparasi).

Keesokan harinya, setelah salat subuh dan siap – siap, kami berangkat pulang menuju kampung halaman, tapi sebelum kami pulang, kami sepakat untuk pergi menikmati keindahan alam terlebih dahulu ke Gunung Luhur Citorek, suhu yang sangat dingin dengan kabut awan yang cukup tebal sampai membasahi kendaraan dan juga tubuh kami, jalan yang lumayan ekstrim, menanjak dan juga berliku – liku yang membuat motor hampir saja mundur kembali karena tidak kuat menanjak, tapi semua itu terbayarkan oleh pemandangan gunung yang begitu indah, banyak sekali orang – orang yang ingin berkunjung ke tempat ini, walaupun harus mengahadapi rintangan terlebih dahulu, kamipun menikmati matahari terbit di sana dengan awan yang masih terlihat tebal, orang – orang menyebut tempat ini dengan “negeri di atas awan”. Setelah kami menikmati matahari terbit, kami melanjutkan perjalanan pulang, diperjalanan kami mampir terlebih dahulu di sebuah Warteg untuk makan dan minum. Melanjutkan perjalan pulang  melewati jalur Cipanas-Rangkas. Sementara acara Kemah Wisata Api Literasi Masih terus berlanjut, Acara tersebut meliputi ; Diseminasi Gerakan Literasi Nasional, Pentas Literasi, Gebyar Parade Literasi yang di isi oleh KPJ (komunitas Penyanyi Jalanan), Tonggeret, Perform TBM SANGGAR ALAM Bekasi dan komunitas Literasi lainnya.

Selain itu di malam harinya ada juga Api Unggun Literasi, dan dihari seninnya adalah hari terakhir kemah yang di isi dengan acara Diseminasi Gerakan Literasi Nasional dan acara Penutupan. Kami tidak dapat mengikuti kemah sampai selesai karena kondisi badan dan perjalanan yang jauh membuat kami harus pulang sebelum waktunya.

Dari kemah wisata literasi ini kami dapat menghimpun semangat dari para penggiat literasi seluruh Indonesia, untuk dapat kami tularkan ketempat kami di MAN 4 Pandeglang.

Reporter: Muhamad Hafidudin

Pengumuman

Jadwal Ujian Akhir Tahun Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020

Pelepasan Kelas XII dan Kenaikan Kelas X, XI

Jadwal Utama UNBK