Info Madrasah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website MAN 4 Pandeglang Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Bersikap Berlandaskan Iman dan Taqwa

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MADRASAH ALIYAH

Diterbitkan :

PENULIS : IWAN SETIAWAN, S.Pd

(Wakamad Bidang Kurikulum MAN 4 Pandeglang)

Dengan membaca artikel tentang penerapan TQM di Madrasah Aliyah ini, pembaca dapat memperoleh wawasan mengenai pentingnya penerapan TQM dalam dunia pendidikan, serta bagaimana Madrasah dapat memanfaatkan prinsip-prinsip TQM untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selamat Membaca.

ABSTRAK

Penerapan Total Quality Management (TQM) di madrasah bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. TQM memberikan konsep bahwa mutu merupakan tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan TQM di Madrasah Aliyah (MA) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan TQM di MA telah berjalan dengan baik dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan TQM antara lain dukungan kepala madrasah, partisipasi aktif semua pihak terkait, sistem pengukuran dan evaluasi yang efektif, serta pelaksanaan pelatihan dan pengembangan staf. Kajian ini merekomendasikan perlunya peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif semua pihak yang terlibat dalam implementasi TQM dan perlunya pengembangan dan pelatihan berkelanjutan bagi staf madrasah.

Kata Kunci: Implementasi, Total Quality Management (TQM), Madrasah

PENDAHULUAN

Pendidikan berdasarkan fungsinya merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembangunan suatu negara. Pendidikan yang berkualitas dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Madrasah merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, yang merupakan salah satu faktor penentu mutu sumber daya manusia. (Priarni, 2017). Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan juga memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, terutama dalam membentuk karakter dan moral peserta didik.
Madrasah Aliyah (MA) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal di Indonesia yang menyediakan pendidikan tingkat menengah atas dengan kurikulum yang didasarkan pada agama Islam. Sebagai lembaga pendidikan, MA harus memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan agar dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia global. madrasah pada saat ini harus mulai berbenah diri untuk menghadapi tuntutan dunia global dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dimulai dari pelaksanaan proses pembelajaran. (Khotimah & Nasuka, 2020)

Total Quality Management (TQM) merupakan konsep manajemen yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas secara menyeluruh dan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses produksi atau penyediaan layanan. Manajemen kualitas total (TQM) dimulai pada konstruksi industri, di mana sejumlah besar literatur TQM diamati memeriksa adopsi TQM di area ini di seluruh dunia.(Alawag et al., 2022). TQM adalah aplikasi dari metode kuantitatif dan sumber daya manusia yang meningkatkan semua proses dalam suatu organisasi dan melebihi keduanya saat ini dan kebutuhan pelanggan di masa mendatang.(Lehyani et al., 2022). TQM mengutamakan kepuasan pelanggan, peningkatan proses kerja, dan pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien. Konsep TQM dapat diterapkan di semua sektor, termasuk di bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, peningkatan kualitas dan mutu pendidikan akan sangat ditentukan oleh banyak aspek, seperti guru, staf, siswa, kurikulum, proses belajar mengajar, dukungan pembiayaan, pengelolaan, dan masih banyak lagi. (Soriano, 1999).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa implementasi TQM di madrasah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempengaruhi kinerja dan kepuasan pelanggan. Namun, masih sedikit penelitian yang mengkaji implementasi TQM di madrasah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi TQM di Madrasah Aliyah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Implementasi TQM di madrasah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai implementasi TQM di madrasah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, sehingga dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi pengembangan kualitas pendidikan di madrasah Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Quality Management (TQM) dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi TQM di madrasah. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kedua kerangka teori tersebut. baca selengkapnya