Info Madrasah
Sabtu, 16 Okt 2021
  • MAN 4 Pandeglang dapat Prestasi membanggakan . Melalui ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten 2021. Selamat untuk Icha Yuritsa, siswa MAN 4 sebagai JUARA KE I KSM Mapel Fisika

KEGIATAN RAPAT DALAM UPAYA PENGUATAN ORGANISASI MAN 4 PANDEGLANG

Diterbitkan :

Organisasi yang kuat, salah satunya ditandai dengan anggotanya yang solid, terhindar dari salah faham (misunderstanding) akibat kurang koordinasi. Program organisasi seharusnya difahami dan dikawal pelaksanaannya oleh anggota organisasi tersebut. Rapat merupakan media yang cukup efektif guna meningkatkan soliditas, merancang program, memecahkan masalah, serta kegunaan lainnya.

 

Madrasah Aliyah Negeri 4 Pandeglang menyelenggarakan berbagai jenis rapat guna memperkuat organisasi tergantung pada esensi materi serta pemeran utama secara fungsional (leading sector) yang akan menindaklanjuti hasil rapat. Jenis rapat tersebut berbentuk Rapat Pimpinan (Rapim), Rapat Koordinasi (Rakor), Rapat Umum Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Rapat Bersama (Raber), serta Rapat Terbatas (Ratas).

 

Rapat Pimpinan (Rapim) dilakukan jika esensi materi rapat terkait pembahasan kebijakan umum madrasah, yang diikuti oleh kepala madrasah dan seluruh wakil kepala madrasah. Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 66 Tahun 2016 perubahan kedua atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah bahwa pimpinan madrasah adalah kepala madrasah dan wakil kepala madrasah. Selama Tahun Pelajaran 2020/2021 MAN 4 Pandeglang telah menyelenggarakan rapat pimpinan sebanyak 13 (tiga belas) kali. Rapat Bersama (Raber) dilakukan jika pesertanya gabungan beberapa fungsi, misalnya Rapat Bersama Pimpinan dan Pengelola Keuangan. Selama Tahun Pelajaran 2020/2021 MAN 4 Pandeglang telah menyelenggarakan 8 (delapan) kali Rapat Bersama (Raber)

 

Adapun Rapat Koordinasi (Rakor), Rapat Terbatas (Ratas), dan Rapat Umum (Rapum) dilakukan dalam upaya koordinasi secara fungsional seperti Rakor Keuangan, Rakor Tata Usaha, Rapat Umum Pendidik dan Tenaga Kependidikan Persiapan Tahun Pelajaran Baru.

 

Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 baru diselenggarakan rapim 1 (satu) kali dan raber 2 (dua) kali. Rapim pertama  pada Senin 19 Juli 2021dan raber pertama pada Jum’at 6 Agustus 2021 telah melahirkan hasil rapat berupa:

  1. Kesepakatan menerima seorang guru honorer,
  2. Melahirkan kurikulum darurat masa pandemi Covid-19
  3. Pembagian tugas pengaturan persetujuan orang tua siswa untuk pembelajaran tatap muka terbatas
  4. Kepanitiaan internal MAN 4 Pandeglang untuk penandatanganan kontrak pembangunan asrama siswa dan mes guru
  5. Pembagian Tugas Teknik Sosialisasi dan Pelaksanaan Vaksinasi bagi siswa
  6. Reposisi fungsi Tim Gugus Tugas Pencegahan Penularan Covid-19 Tingkat MAN 4 Pandeglang,  Tim Pengelola Teknologi Infortmasi (IT)  Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Covid-19, serta Tim Penjaminan Mutu Internal MAN 4 Pandeglang
  7. Terbentuknya Tim Pengelola Website MAN 4 Pandeglang, dan
  8. Menerbitkan buku tahfidz siswa MAN 4 Pandeglang

Madrasah Aliyah Negeri 4 (MAN 4) Pandeglang, menyelenggarakan pembelajaran daring melalui e-Learning secara penuh yang diluncurkan oleh direktorat KSKK (Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan) Kementerian Agama Republik Indonesia sejak Rabu 29 Juli 2020. Kegiatan Pembelajaran melalui e-learning ini diikuti oleh seluruh siswa dari rumah masing-masing, namun demikian siswa secara bergantian hadir di madrasah dalam upaya melakukan komunikasi langsung terkait problematika pembelajaran baik dengan guru mata pelajaran maupun dengan wali kelas, serta menumbuhkembangkan pendidikan karakter, dengan mematuhi protokol kesehatan.

Mulai Senin 09 Agustus 2021 sesuai dengan regulasi yang ada, Madrasah Aliyah Negeri 4 Pandeglang mulai melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, serta beberapa kegiatan ektra-Kurikuler yang menginapkan siswa mulai dilaksanakan.

Raber Persiapan Perluasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Keinginan kuat keluarga MAN 4 Pandeglang, baik keinginan siswa, keinginan orang tua siswa, serta keinginan tenaga pendidik dan kependidikan untuk melakukan pembelajaran secara normal mengingat pandemi covid-19 mulai berkurang serta kelonggaran regulasi yang diterbitkan pemerintah mendorong diselenggarakan rapat bersama (Raber) ke-2 dengan agenda Persiapan Perluasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Rapat Bersama (Raber) ke-2 pada tahun pelajaran 2021/2022 ini telah dilaksanakan secara bertahap pada 8 September dan 14 September 2021. Peserta Rapat Bersama (raber)  adalah Pimpinan Madrasah, Staff Administrasi Tata Usaha, Pengaman dan Pramubakti. Rapat Terbatas ini membahas problematika perluasan pembelajaran tatap muka terbatas yang perlu dikoordinasikan dan dipersiapkan agar program berjalan lancar dan efektif, yaitu :

  1. Pengaturan penambahan Siswa yang hadir di madrasah
  2. Pengaturan ulang ruang belajar, tempat parkir, bel madrasah, dan perlengkapan pembelajaran dan perlengkapan kebersihan
  3. Pengaturan kurikulum pembelajaran, semula e-learning menjadi tatap muka meliputi penambahan jam belajar, pengaturan kegiatan ektra-kurikuler, pengaturan kurikulum pembiasaan
  4. Pengaturan perangkat administrasi madrasah seperti Jurnal Kelas, Absensi Siswa, penggunaan absensi elektronik bagi pegawai.
  5. Persiapan pembangunan komitment pelayanan kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, peran siswa melalui kegiatan ektra-kurikuler

Rapat Bersama ini telah melahirkan keputusan  bahwa mulai Senin 20 September 2021 Madrasah Aliyah Negeri 4 (MAN 4) Pandeglang menyelenggarakan perluasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas tetapi belum mencapai 50%. Berbagai persiapan terus dilakukan dengan harapan bahwa penyelenggaraan Perluasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas bukan saja lancar dan efektif, tetapi juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.